Kenali keunikan Suku Gayo

Sobat Nusantara mungkin masih banyak diantara kita yang belum pernah mendengar Suku Gayo yang ada di tanah rencong, Suku Gayo adalah salah satu suku terbesar ketiga setelah Suku Aceh dan Suku Jawa yang ada di provinsi Aceh, dimana wilayah tradisional suku Gayo meliputi kab.Bener Meriah, Tengah dan Gayo Lues. Berdasarkan Sensun 2010 jumlah suku gayo yang mendiami provinsi Aceh mencapai 322.996 jiwa (sumber:wikipedia.org).

Rumah Adat Suku Gayo


Masyarakat Gayo hidup dalam komuniti kecil yang disebut kampong. Setiap kampong dikepalai oleh seorang gecik. Kumpulan beberapa kampung disebut kemukiman, yang dipimpin oleh mukim. Sistem pemerintahan tradisional berupa unsur kepemimpinan yang disebut sarak opat, terdiri dari reje (raja), petue (petua), imem (imam), dan rayat (rakyat).

Suatu unsur budaya yang tidak pernah lesu di kalangan masyarakat Gayo adalah kesenian, yang hampir tidak pernah mengalami kemandekan bahkan cenderung berkembang. Bentuk kesenian Gayo yang terkenal, antara lain tari Saman dan seni bertutur yang disebut Didong. Selain untuk hiburan dan rekreasi, bentuk-bentuk kesenian ini mempunyai fungsi ritual, pendidikan, penerangan, sekaligus sebagai sarana untuk mempertahankan keseimbangan dan struktur sosial masyarakat. Di samping itu ada pula bentuk kesenian seperti tari Bines, tari Guel, tari Munalu, Sebuku /Pepongoten (seni meratap dalam bentuk prosa), guru didong, dan melengkan (seni berpidato berdasarkan adat).

Motif Kerawang Pada Pakaian Adat Gayo


Dalam seluruh segi kehidupan, orang Gayo memiliki dan membudayakan sejumlah nilai budaya sebagai acuan tingkah laku untuk mencapai ketertiban, disiplin, kesetiakawanan, gotong royong, dan rajin (mutentu). Pengalaman nilai budaya ini dipacu oleh suatu nilai yang disebut bersikemelen, yaitu persaingan yang mewujudkan suatu nilai dasar mengenai harga diri (mukemel). Nilai-nilai ini diwujudkan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti dalam bidang ekonomi, kesenian, kekerabatan, dan pendidikan. Sumber dari nilai-nilai tersebut adalah agama Islam serta adat setempat yang dianut oleh seluruh masyarakat Gayo.

Seni dan Tarian Suku Gayo

* Didong
Tari Saman (Sumber : gayomusara.wordpress.com)
* Didong Niet
* Tari Saman
* Tari Bines
* Tari Guel
* Tari Munalu
* Tari Sining

* Tari Turun ku Aih Aunen
* Tari Resam Berume
* Tuah Kukur
* Melengkan
* Dabus

Share on Google Plus

About sukubudayaindonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar