Pulau Jawa

Pasti setiap orang pernah bertanya-tanya seperti ini (termasuk penulis di masa remaja) :
- Kenapa sih di pulau Jawa itu banyak banget penduduknya?
- Apa sih hebatnya pulau Jawa?
 
Pulau Jawa adalah sebuah pulau di Indonesia yang letaknya berbatasan dengan pulau Sumatera di sebelah barat yang dipisahkan oleh selat sunda,
pulau Bali di sebelah timur yang dipisahkan oleh selat bali dan selat madura, pulau Kalimantan di sebelah utara yang dipisahkan oleh laut jawa, dan pulau natal di sebelah selatan yang dipisahkan oleh samudera hindia. Pulau Jawa merupakan pulau yang padat penduduknya dibandingkan dengan pulau-pulau di Indonesia lainnya. Bahkan pulau Jawa merupakan sebuah pulau berpenduduk terbanyak di dunia (WOooooooooooW). Padahal untuk ukuran pulau di Indonesia. Pulau Jawa masuk urutan ke-5 lho untuk luasnya. Bisa teman-teman bayangkan bagaimana padatnya pemukiman di pulau tersebut.

Kenapa sih di pulau Jawa itu banyak banget penduduknya?
Mau tahu jawabannya??? Mari kita tanya Galileo (hihhihihihihi jadi teringat acara kuis kecerdasan di masa kecil yang ditayangkan oleh salah satu stasiun tv swasta di Indonesia).
Pemukiman penduduk di pulau Jawa sangat padat diakibatkan karena pusat pemerintahan Indonesia berada di pulau Jawa tepatnya di propinsi DKI Jakarta. Masyarakat beranggapan roda perekonomian di pulau Jawa pasti sangat baik karena Ibukota negara berada di sana. Jadi dengan pindah ke pulau Jawa, mereka berharap dapat merubah kehidupan mereka menjadi lebih baik (pengen jadi orang tajir gitu).
Hal inilah yang membuat semua warga negara Indonesia dari Sabang (prop. Aceh) sampai Merauke (prop. Papua) pindah / urbanisasi ke pulau Jawa.

Sebenarnya cara berpikir mereka tidak salah sih. Karena dulu pembangunan di Indonesia tidak merata, yang hanya berpusat di pulau Jawa saja terutama di daerah propinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan sekitarnya. Dari sarana transportasi, kegiatan perdagangan, pendidikan, dan lain-lainnya berkembang di pulau Jawa. Di luar pulau Jawa masih sangat banyak rakyat Indonesia hanya bisa memegang cangkul, palu untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Ketika mereka melihat saudara-saudara mereka yang pulang kampung setelah merantau di pulau Jawa banyak yang menjadi orang sukses. Wajar dong mereka semua berlomba-lomba pindah ke pulau Jawa untuk mengubah nasib (termasuk ayahku walaupun sebenarnya beliau ke Jakarta karena dapat tugas).

Berikut daftar propinsi yang ada di pulau Jawa :
  • Banten = terdiri dari 4 kota, 4 kabupaten, 155 kecamatan, 1.551 desa/kelurahan
  • DKI Jakarta = terdiri dari 5 kota, 1 kabupaten, 44 kecamatan, 267 desa/kelurahan
  • Jawa Barat = terdiri dari 9 kota, 18 kabupaten, 626 kecamatan, 5.960 desa/kelurahan
  • Jawa Tengah = terdiri dari 6 kota, 29 kabupaten, 573 kecamatan, 8.559 desa/kelurahan
  • DI Yogyakarta = terdiri dari 1 kota, 4 kabupaten, 78 kecamatan, 438 desa/kelurahan
  • Jawa Timur = terdiri dari 9 kota, 29 kabupaten, 664 kecamatan, 8.499 desa/kelurahan
Share on Google Plus

About sukubudayaindonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar