Begitu Kayanya Wilayah Ini

Banten adalah sebuah wilayah paling barat pulau Jawa. Berbatasan langsung dengan pulau Sumatera yang dipisahkan oleh selat sunda. Banten  merupakan sebuah propinsi baru berdiri pada tahun 2000, hasil dari pemekaran dari wilayah propinsi Jawa Barat. Dari dulu hingga sekarang Banten merupakan daerah yang kaya. Kekayaannya tidak hanya dari sumber daya alamnya saja, tapi karena Banten memiliki pelabuhan. Pelabuhan inilah yang menghubungkan pulau Jawa (pelabuhan Merak) dengan pulau Sumatera (pelabuhan Bakauheni di Lampung).

Pelabuhan Merak juga menjadi pelabuhan cadangan jika
pelabuhan Tanjung Perak di Jakarta tidak mampu menampung barang, kargo, peti kemas. Hal ini lah yang membuat Banten menjadi wilayah yang kaya akan ekonominya. Sehingga sejak zaman dahulu hingga sekarang Banten selalu menjadi rebutan berbagai pihak.

Dulu Banten dikenal dengan nama Bantam. Wilayah ini diperebutkan berbagai kerajaan di Nusantara. Seperti Kerajaan Tarumanagara, Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Sunda, dan Kerajaan Sumedang Larang. Dan akhirnya wilayah ini menggoda para penjajah Eropa untuk menikmati kekayaannya. Mulailah berduyun-duyun para penjajah Eropa datang ke Banten untuk menguasai wilayah ini. Dimulai dari Portugis/Portugal, Belanda, Inggris, Prancis, dan Denmark. Terjadilah persaingan antar penjajah tersebut yang akhirnya dimenangkan oleh pihak Belanda. Dan Belanda pun berkuasa penuh atas wilayah tersebut hingga ratusan tahun lamanya. Dan hingga saat ini Banten tetap diperebutkan oleh bangsanya sendiri.


Share on Google Plus

About sukubudayaindonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar