Keberagaman Suku di Tanah Aceh

Sahabat Nusantara Kali ini kita akan berbagi keunikan suku budaya yang ada di tanah Aceh atau biasa disebut dengan "tanah rencong". Aceh memiliki 13 suku bangsa asli dimana yang terbesar adalah Suku Aceh yang mendiami wilayah pesisir mulai dari langsa untuk pesisir utara sampai kewilayah Trumon untuk pesisir barat selatan.


Suku lain yang ada ditanah rencong ini adalah Suku Gayo, Suku Gayo Lut, Suku Gayo Luwes, Suku Gayo Serbe Jadi yang mendiami wilayah pegunungan di tanah Aceh. Selain itu juga dijumpai suku-suku lainnya seperti, Aneuk Jamee di Aceh selatan, Suku Pakpak dan Singkil di Subulussalam, Singkil dan Alas di Aceh Tenggara, Kluet di Aceh selatan dan Tamiang di Aceh Tamiang dan di Pulau Simeuleu terdapat suku sigulai.


Perlu sobat Nusantara ketahui Untuk bahasa yang paling banyak di pakai di Aceh adalah Bahasa Aceh yang dituturkan oleh etnis Aceh di sepanjang pesisir Aceh dan sebagian pedalaman Aceh. Bahasa lainnya adalah Bahasa Gayo di Aceh bagian tengah, Bahasa Alas di Aceh bagian tenggara, Bahasa Aneuk Jamee di Aceh Selatan, Bahasa singkil dan Bahasa Pakpak di Aceh Singkil, Bahasa Kluet di Aceh Selatan, Bahasa Melayu Tamiang di Aceh Tamiang.




Masih dalam lingkupan wilayah aceh begitu banyak bahasa suku budaya yang digunakan oleh masyarakat asli Aceh, tidak heran kalau Aceh juga dikenal akan keunikan seni budaya yang mampu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke wilayah aceh setiap tahunnya. Selain destinasi wisata alam yang sangat memukau, budaya keramah-tamahan masyarakat Aceh juga menjadikan nilai tambah yang sangat kuat bagi wisatawan untuk mau berkunjung atau melancong kembali ke tanah Aceh.





Bagi sobat nusantara yang belum pernah berkunjung ke wilayah tanah aceh atau ke pulau sabang, kami sangat merekomendasikan untuk berkunjung ke wilayah ini, ada banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk anda bisa jelajahi.









Share on Google Plus

About sukubudayaindonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar