Mengenal keunikan Kebudayaan Batak Toba

HORAS...!
Sobat Nusantara mungkin sering mendengar kata HORAS,itu lah yang sering terdengar jika melihat acara-acara adat batak toba atau melihat acara televisi yang mengundang artis bintang tamu berasal dari batak toba. Saat ini hampir diseluruh penjuru nusantara sudah mengetahui kalau salam HORAS itu dari Batak keseluruhan, padahal bukan.
Horas adalah salam yang biasanya digunakan oleh suku batak toba saja, beda lagi dengan suku batak Pakpak dan karo. 


Sebenarnya Suku Batak Toba merupakan sub atau bagian dari suku bangsa Batak. Suku Batak Toba meliputi Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, sebagian Kabupaten Dairi, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Sibolga dan sekitarnya.


Batak Toba adalah suatu kesatuan kultural. Batak Toba tidak mesti tinggal diwilayah geografis Toba, meski asal-muasal adalah Toba. Sebagaimana suku-suku bangsa lain, suku bangsa Batak Toba pun bermigrasi kedaerah-daerah yang lebih menjanjikan penghidupan yang labih baik. 


Contoh, mayoritas penduduk asli Silindung adalah marga-marga Hutabarat, Panggabean, Simorangkir, Hutagalung, Hutapea dan Lumbantobing. Padahal ke-enam marga tersebut adalah turunan Guru Mangaloksa yang adalah salah- seorang anak Raja Hasibuan diwilayah Toba. Demikian pula marga Nasution yang kebanyakan tinggal wilayah Padangsidimpuan adalah saudara marga Siahaan di Balige, tentu kedua marga ini adalah turunan leluhur yang sama. Batak Toba sebagai kesatuan kultural pasti dapat menyebar ke berbagai penjuru melintasi batas-batas geografis asal leluhurnya, si Raja Batak yakni wilayah Toba yang secara spesifik ialah Desa Sianjur Mulamula terletak di lereng Gunung Pusuk Buhit, kira-kira 45 menit berkendara dari Pangururan, Ibukota Kabupaten Samosir, sekarang.



Marga Batak Toba  adalah bagian nama yang merupakan pertanda dari keluarga mana ia berasal.  Orang Batak selalu memiliki nama Marga/keluarga. Nama / marga ini diperoleh dari garis keturunan ayah (patrilinear) yang selanjutnya akan diteruskan kepada keturunannya secara terus menerus. 

Tidak hanya unik dari kultural saja, suku Batak Toba juga sangat dikenal dengan kekhasan seni budayanya. hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya alat musik Batak toba yang di angkat pada pentas-pentas seni budaya nasional saat ini, misalnya gondang sipitu dan seruling batak pada gambar dibawah ini.





Share on Google Plus

About sukubudayaindonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar