Suku Batak dari Sumatera Utara

Kali ini sobat Nusantara akan membahas salah satu suku yang mungkin paling dikenal dari wilayah Sumatera Utara yaitu Suku Batak. Sebenarnya pembagian suku batak yang ada di provinsi Sumatra Utara yaitu Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Pakpak, Batak Angkola, Batak Toba, Batak Mandailing.


Gambaran wilayah suku-suku Batak

Adapun Suku Batak merupakan sebuah tema kolektif untuk mengidentifikasikan beberapa suku bangsa yang bermukim dan berasal dari Tapanuli dan Sumatera Utara. Suku bangsa yang dikategorikan sebagai Batak adalah Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Angkola, dan Batak Mandailing.

Meskipun suku Batak terkenal dengan salam Horasnya, sebenarnya masih ada beberapa salam yang mungkin sobat nusantara perlu ketahui dari suku batak, mungkin saja akan berguna jika kita berkunjung ke salah satu wilayah suku batak ini.

1. Pakpak “Njuah-Njuah Mo Banta Karina!”

2. Karo “Mejuah-juah Kita Krina!”

3. Toba “Horas, Syalom Jala Gabe Ma Di Hita Saluhutna!”

4. Simalungun “Horas banta Haganupan, Salam Habonaran Do Bona!”

5. Mandailing dan Angkola “Horas Tondi Madingin Pir Ma Tondi Matogu, Sayur Matua Bulung!”


Pakaian Adat Batak


Silsilah atau Tarombo merupakan suatu hal yang sangat penting bagi orang Batak. Bagi mereka yang tidak mengetahui silsilahnya akan dianggap sebagai orang Batak kesasar. Sejak dahulu Orang Batak diwajibkan mengetahui silsilahnya minimal nenek moyangnya yang menurunkan marganya dan teman semarganya. Hal ini diperlukan agar mengetahui letak kekerabatannya dalam suatu klan atau marga jika hendak berkenalan dengan sesama orang batak.

Segera, untuk sobat Nusantara akan kami bahas masing-masing pembagian suku batak beserta segala keunikannya, ikuti terus perkembangannya jangan lupa like dan sharenya. :D


Share on Google Plus

About sukubudayaindonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar