DKI Jakarta Daerah Berbagai Suku

Hai Sobat Nusantara

DKI Jakarta adalah sebuah propinsi di Indonesia yang beribukota Jakarta, dan juga merupakan ibukota dari Republik Indonesia.
Propinsi ini terletak di pulau jawa. Yang berbatasan dengan propinsi Banten dan Jawa Barat. Luas wilayahnya merupakan yang terkecil di antara propinsi lainnya di pulau Jawa. Tapi jumlah penduduknya adalah yang paling banyak dan terpadat se-Indonesia. Dikarenakan seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke berbondong-bondong datang ke wilayah ini dengan tujuan merubah taraf hidup mereka menjadi lebih baik. Daerah ini dihuni oleh berbagai suku. Seperti suku Jawa, Betawi, Sunda,
Batak, Melayu, Minangkabau, dan lain-lain. Dan untuk suku aslinya sendiri adalah suku Betawi.

Dahulu daerah ini dikenal dengan nama Sunda Kelapa (397-1527), Jayakarta (1527-1619), Batavia (1619-1942), Jakarta (1942-Sekarang). Sebelum tahun 1959 wilayah ini masih termasuk bagian propinsi Jawa Barat. Tapi setelah itu statusnya dirubah menjadi Daerah Tingkat Satu dan pengangkatan Gubernurnya langsung dilantik oleh presiden Soekarno.

Sebagai ibukota negara tentu saja membuat Jakarta menjadi daerah metropolitan. Bahkan katanya merupakan wilayah metropolitan terbesar di Asia
Tenggara. Seluruh pusat bisnis, perdagangan, hiburan, pemerintahan, dan lainnya ada di Jakarta. Perputaran uang negara hampir 75% terpusat di Jakarta.




Share on Google Plus

About sukubudayaindonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar