Arek-Arek Jawa Timur

Rek ayo rek mlaku mlaku nang Tunjungan
Rek ayo rek rame-rame bebarengan



Hai Sobat Nusantara ada yang tau gak judul lagu dari lirik lagu di atas?
Yup benar judulnya adalah REK AYO REK yang merupakan lagu daerah dari propinsi Jawa Timur. Propinsi ini berada di pulau Jawa. Dan berbatasan dengan :
- Propinsi Jawa Tengah di sebelah barat
- Selat Bali di sebelah timur
- Laut Jawa di sebelah utara
- Samudra Hindia di sebelah selatan

Jawa Timur memiliki :
- 9 kotamadya
- 29 kabupaten
- 664 kecamatan
- 8.499 desa/kelurahan
- 421 pulau kecil

Ibukota dari propinsi ini adalah Surabaya. Kota yang terkenal dengan peristiwa 10 November. Peristiwa arek-arek Suroboyo mempertahankan kota dari serangan agresi militer wong Londo (Belanda) yang berusaha mencengkramkan tangannya lagi di Indonesia kita tercinta. Kota Surabaya saat ini adalah merupakan kota terbesar (bukan berdasarkan luas wilayah) dan terpadat no 2 di Indonesia.
Kantor Gubernur Jawa Timur tahun 1951

Mayoritas penduduk yang tinggal di Jawa Timur adalah Suku Jawa dengan persentase hampir 80% kemudian diikuti oleh Suku Madura , dan suku-suku minoritas lainnya seperti Suku Osing, Suku Tionghoa, Suku Bawean, Suku Sunda, Suku Tengger, dan masih banyak lagi.

Dari segi ekonomi, Jawa Timur merupakan salah satu penyumbang terbesar untuk Indonesia. Jawa Timur memiliki banyak industri besar.

Pada bidang pendidikan, Jawa Timur memiliki Perguruan Tinggi Negeri terbanyak dan berkualitas di Indonesia. Selain perguruan tinggi, Jawa Timur juga banyak memiliki banyak pondok pesantren. Bahkan propinsi ini menjadi basis salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdatul Ulama yang sering juga disebut dengan NU. Banyak lulusan dari perguruan tinggi dan pondok pesantren di propinsi ini menjadi pejabat penting di pusat pemerintahan Indonesia.

Jika membahas tentang propinsi Jawa Timur tentu saja tidak akan ada habisnya. Dari sejarahnya, bidang ekonomi, pendidikan, seni budaya, kuliner, tempat pariwisatanya pun sangat banyak. Bahkan di daerah ini banyak berdiri bangunan-bangunan yang berasitektur internasional.


Share on Google Plus

About sukubudayaindonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar